Woensdag 22 Mei 2013

Others Techniques to Capture Tacit Knowledge

Team Member:
1. Arif Randy Agustian 11.141.382P
2. Usman Sulaimann 11.141.263P
3. Msy Verawati Fajriah 12.141.235P
4. Rian Putra Purba 09.141.167
Repertory Grid
Repertory grid adalah teknik untuk mengidentifikasi cara-cara yang orang (menafsirkan / memberi arti) pengalaman nya. Ini memberikan informasi dari mana kesimpulan tentang kepribadian dapat dibuat, tetapi bukan tes kepribadian dalam arti konvensional. Hal ini didukung oleh Teori Membangun Pribadi yang dikembangkan oleh George Kelly pertama kali diterbitkan pada tahun 1955.
Sebuah grid terdiri dari empat bagian:
1.  Topik A: itu adalah tentang beberapa bagian dari pengalaman seseorang
2.   Satu set Elements, yang merupakan contoh atau contoh dari topik tersebut. Bekerja sebagai seorang psikolog klinis, Kelly tertarik bagaimana kliennya ditafsirkan orang dalam peran mereka mengadopsi terhadap klien, dan sebagainya, awalnya, istilah-istilah seperti ‘ayah saya’, ‘ibuku’, ‘seorang teman dikagumi’ dan sebagainya digunakan. Sejak itu, Grid telah digunakan dalam pengaturan yang lebih luas (pendidikan, pekerjaan, organisasi) dan sehingga setiap set yang didefinisikan dengan baik kata-kata, frasa, atau sketsa perilaku bahkan singkat dapat digunakan sebagai elemen.
3. Satu set Konstruk. Ini adalah istilah dasar yang klien menggunakan untuk memahami unsur-unsur, dan selalu dinyatakan sebagai kontras. Jadi arti dari ‘Good’ tergantung pada apakah Anda berniat untuk mengatakan ‘Baik vs Poor’, seolah-olah Anda menafsirkan sebuah pertunjukan teater, atau ‘Baik vs Jahat’, seolah-olah Anda menafsirkan status ontologis moral atau beberapa lebih mendasar pengalaman.
4. Satu set peringkat Elemen pada Konstruk. Setiap elemen diposisikan antara dua ekstrem konstruk menggunakan 5 – atau 7-titik sistem skala rating, hal ini dilakukan berulang-ulang untuk semua konstruksi yang berlaku, dan dengan demikian maknanya kepada klien ditangkap, dan analisis statistik yang bervariasi dari yang sederhana menghitung, analisis mulitivariate lebih kompleks makna, dimungkinkan.
Konstruksi dianggap sebagai personal kepada klien, yang secara psikologis mirip dengan orang lain tergantung pada sejauh mana s / ia akan cenderung menggunakan konstruksi yang sama, dan penilaian setara, dalam berhubungan dengan set tertentu dalam elemen. Dan itu adalah cara bahwa konstruksi diidentifikasi yang membuat Repertory Grid yang unik.
A. Repertory Grid
Skala 1 sampai 3.
Construct
P1
P2
P3
Sistem berjalan dengan baik
3
3
3
Manfaat sistem pada User
1
2
1
Ketepatan waktu pengerjaan sistem
2
3
2
Sitem layak digunakan
1
3
3
Tampilan interface mudah dipahami
2
2
3

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking